Pahami Al-Qur’an untuk Mengenali Jalan Kehidupan !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ

“Dan Kami turunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri (Muslim).” (QS.An-Nahl:89)

Allah swt menitipkan pengetahuan-Nya didalam Al-Qur’an. Pengetahuan tentang nama-namaNya, pengetahuan akan sunnah-Nya dan pengetahuan berupa bashiroh sebagai bekal manusia menjalani kehidupannya.

Setiap kita membaca Al-Qur’an dan setiap kita merenungkannya, maka akan terbuka kunci-kunci kehidupan yang sangat kita butuhkan untuk menjalani hidup ini.

Al-Qur’an menjelaskan segala sesuatu. Karena kitab ini merangkum seluruh kaidah ilmu dan pemikiran secara umum.

Mustahil kita memahami kehidupan tanpa memahami sunnah dan hukum Allah swt di alam ini. Dan mustahil kita mengerti aturan alam tanpa merenungkan dan mempelajari Al-Qur’an.

Segala sesuatu yang terjadi di alam ini berhubungan dengan sifat dan asma Allah swt.

قُلِ ادْعُوا اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الْأَسْمَاءُ الْحُسْنَىٰ

“Katakanlah (Muhammad), “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu dapat menyeru, karena Dia mempunyai nama-nama yang terbaik (Asmaul Husna).” (QS.Al-Isra’:110)

Pemberian hukuman kepada orang-orang dzalim tersirat dalam nama-namaNya yaitu al-Muntaqim (Maha Membalas), al-Jabbar (Maha Perkasa) dan Qoimun bil Qist (Maha Menegakkan Keadilan).

Sementara kebaikan yang diberikan kepada orang-orang baik tersirat dalam nama Allah sebagai Ar-Rahman dan Ar-Rahim. Karena segala sesuatu yang terjadi di alam ini selalu berhubungan dengan nama-Nya.

Ketika seorang hamba mengenal penciptanya, kemudian mengenal nama dan sifat-Nya yang agung, ia akan mulai memahami jalannya Sunnatullah di alam ini. Yakni seluruh aturan yang berjalan di alam ini berpijak pada kemaslahatan yang terbaik.

Nah kuncinya, ketika kita bisa memahami hikmah dibalik setiap kejadian dan ketentuan Allah swt, maka apapun yang terjadi akan terasa mudah dihadapan kita. Kita akan mampu menghindari jebakan-jebakan kehidupan dan akibat-akibatnya.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY