Khazanahalquran.com – Sebenarnya orang hebat itu banyak, orang pintar juga banyak. Tak hanya itu, orang-orang yang menghabiskan hidupnya untuk perjuangan itu juga banyak. Apakah itu berjuang untuk negaranya, agamanya ataupun berjuang untuk kemanusiaan.

Tapi sayangnya, dibalik prestasi, kehebatan dan perjuangan itu sungguh sedikit yang dihargai. Sedikit sekali yang diingat. Semuanya terlupakan begitu saja.

Contoh yang paling jelas adalah perjuangan para pahlawan kita, betapa sedikit yang diingat dan betapa banyak yang dilupakan. Juga orang-orang hebat di negeri kita, begitu sedikit yang dihargai dan begitu banyak yang disia-siakan.

Dan kali ini, kita akan mengingat satu ayat Al-Qur’an yang menjadi obat hati bagi perjuangan yang terlupakan dan prestasi yang terabaikan. Karena prestasi yang tidak mendapat penghargaan yang layak akan membuat orang itu down dan tak memiliki semangat untuk terus maju dan berjuang. Tapi dengarkan ayat Al-Qur’an berikut ini,

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاء وَلَا شُكُوراً

“Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan keridaan Allah, kami tidak mengharap balasan dan terima kasih dari kamu.” (QS.Al-Insaan:9)

 

Ayat ini bercerita tentang sosok putri Rasulullah saw yang bernama Fatimah. Setelah berulang kali ia memberi makan orang-orang yang membutuhkan, kemudian ayat Al-Qur’an Mengabadikan perkataannya bahwa semua kebaikan itu hanya karena Allah, dia tak butuh balasan dan terima kasih sedikitpun dari mereka.

Ayat ini sungguh menjadi obat hati bagi mereka yang prestasi dan perjuangannya tak dihargai. Teruslah berkarya, teruslah berprestasi dan teruslah berjuang. Karena disana ada Allah yang tidak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya. Dia adalah Dzat yang paling Sempurna dalam Menghargai dan Membalas Kebaikan seseorang.

Jangan pernah down dan patah semangat, karena semua perbuatan kita takkan ada yang sia-sia. Dan pada saatnya Allah akan membuka jalan cemerlang bagi hamba-Nya yang terus berjuang. Apa arti penghargaan dan balasan dari manusia jika dibandingkan dengan penghargaan dari Sang Pencipta?

إِنَّ اللَّهَ لَا يُضِيعُ أَجْرَ الْمُحْسِنِ

“Maka sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik” (QS.Yusuf:90)

Komentar

LEAVE A REPLY