Musyawarah, Solusi Terbaik Menurut Al-Qur’an !

Khazanahalquran.com – Salah satu corak masyarakat Islam yang disebutkan dalam Al-Qur’an adalah menjadikan Syura(musyawarah) sebagai cara untuk menyelesaikan berbagai problem dan masalah kehidupan. Allah berfirman,

وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَىٰ بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ

“Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan shalat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarat antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS.ash-Shura:38)

Islam melihat bahwa musyawarah dan dialog adalah cara terbaik untuk menemukan solusi dalam berbagai masalah politik, sosial dan masalah lainnya. Tidak ada yang lebih indah dari duduk bersama saling memberikan pendapat untuk mencari solusi terbaik dari masalah yang dihadapi. Tentunya pada masalah-masalah yang belum ada nas dan ketentuan syariat.

Begitu pentingnya musyawarah ini hingga nabi saw diperintahkan untuk bermusyawarah dengan para sahabatnya. Padahal beliau ma’sum, tidak berbicara kecuali wahyu dan pendapatnya pasti yang terbaik. Namun lihat bagaimana Islam menghargai manusia dan menghormati pendapat mereka.

Sejarah pun mencatat bahwa dalam berbagai peperangan Rasulullah saw selalu mengajak para sahabatnya untuk duduk membahas strategi. Mereka pun dengan leluasa memberikan pendapat dihadapan nabi saw. Inilah cara Islam menghargai masyarakat demi mencari solusi bersama.

Ketika semua pendapat telah didengar dan ditentukan mana yang dirasa paling tepat, kemudian Allah berfirman,

وَشَاوِرْهُمْ فِي الأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللهِ إِنَّ اللهَ يُحِبُّ المُتَوَكِّلِينَ

“dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.” (QS.Ali Imran:159)

Karena itu disaat suhu permasalahan semakin memanas maka duduk bermusyawarah dari hati ke hati adalah solusi terbaik. Tidak perlu saling menyalahkan karena kita adalah satu keluarga. Keluarga Islam yang besar.

Komentar

LEAVE A REPLY