Khazanahalquran.com – Ada beberapa ayat Al-Qur’an yang sepintas nampak ada kontradiksi. Makna satu ayat dan ayat lainnya seakan berlawanan. Padahal tidak ada satupun yang kotradiksi di dalam Al-Qur’an. Seperti contoh 2 ayat dibawah ini.

Ada seorang yang datang kepada Imam Ja’far As-Shodiq, Guru Imam Madzhab Hanafi dan Maliki. Beliau pernah ditanya tentang firman Allah yang berbunyi,

فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاَّ تَعْدِلُواْ فَوَاحِدَةً -٣-

“Tetapi jika kalian khawatir tidak mampu berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja.” (An-Nisa’ 3)

 

Dan firman-Nya,

وَلَن تَسْتَطِيعُواْ أَن تَعْدِلُواْ بَيْنَ النِّسَاء وَلَوْ حَرَصْتُمْ -١٢٩-

“Dan kalian tidak akan dapat berlaku adil di antara istri-istri(kalian), walaupun kalian sangat ingin berbuat demikian.” (An-Nisa’ 129)

 

Bagaimana menggabungkan dua ayat ini? Satu ayat mengatakan jika takut tidak adil maka nikahilah satu orang saja. Sementara ayat lainnya mengatakan bahwa kami tidak akan mampu berbuat adil?

Imam Shodiq menjawab, “Maksud dari Dan kalian tidak akan dapat berlaku adil diantara istri-istri kalian, yaitu dalam urusan cinta dan kasih sayang.

Sementara yang dimaksud dari ayat jika kalian khawatir tidak berlaku adil maka nikahilah seorang saja, adalah keadilan dalam memberi nafkah.”

Komentar

1 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum ;
    Banyak manusia yg menyatakan dg sinis bahwa ayat tsb menunjukkan bhw ALLAH SWT tidak mengijinkan beristri lebih dari 1.
    Setelah diatas dijelaskan makna ayat tsb dari sisi kontradiksinya; Mohon mendapatkan bimbingan ttg Apa yang di izinkan ALLAH SWT dalam menikah dg lebih dari satu isteri. Apa ayat dan Asbabbunnuzul nya ? dan penjelasan lain.
    Syukran wa afwan . wassalam

LEAVE A REPLY