Khazanahalquran.com – Allah Subhananahu wa Ta’ala berfirman,

جَنَّاتُ عَدْنٍ يَدْخُلُونَهَا وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۖ وَالْمَلَائِكَةُ يَدْخُلُونَ عَلَيْهِمْ مِنْ كُلِّ بَابٍ

“(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (QS.ar-Ra’d:23)

Dari berbagai ayat dan riwayat menyebutkan bahwa surga itu memiliki banyak pintu. Tapi jangan salah, banyaknya pintu itu bukan berarti karena banyaknya orang yang masuk sehingga akan berdesakan jika hanya satu pintu. Bukan pula karena perbedaan kelas diantara manusia sehingga pintu masuknya berbeda-beda. Lalu apa hikmah dibalik banyaknrya pintu disurga?

Pintu-pintu surga tidak seperti pintu istana ataupun rumah-rumah di dunia. Banyaknya pintu disurga karena manusia memiliki amal yang berbeda-beda. Karena itu namanya pun bermacam-macam.

Ada yang masuk surga karena amal jihad, maka ia masuk melalui pintu mujahidin. Dan setiap penghuni lain akan masuk melalui pintu yang sesuai dengan amal mereka.

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa surga memiliki 8 pintu.

“Ketahuilah bahwa surga itu memiliki 8 pintu. Jarak antara satu pintu dengan pintu lainnya adalah 40 tahun.”

Sementara dalam sebuah ayat Allah menjelaskan bahwa neraka hanya memiliki 7 pintu,
لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ
Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. (QS.al-Hijr:44)
Lebih banyaknya pintu surga dibanding pintu neraka mengisyaratkan bahwa jalan untuk meraih keselamatan dan kebahagiaan surga lebih banyak daripada jalan keburukan dan kesengsaraan neraka.

Semoga kita semua tercatat sebagai para penghuni surga..

Komentar

LEAVE A REPLY