Khazanahalquran.com – Manusia memang makhluk yang unik dan terkadang mengherankan. Sebagian dari mereka memiliki pendengaran tapi tidak siap mendengar seruan kebenaran bahkan memilih lari darinya.

Penyebabnya entah karena takut terpengaruh atau tidak siap mengakui bahwa selama ini keyakinannya salah. Allah memberi contoh dengan umat nabi Nuh dalam firman-Nya,

وَإِنِّي كُلَّمَا دَعَوْتُهُمْ لِتَغْفِرَ لَهُمْ جَعَلُوا أَصَابِعَهُمْ فِي آذَانِهِمْ وَاسْتَغْشَوْا ثِيَابَهُمْ وَأَصَرُّوا وَاسْتَكْبَرُوا اسْتِكْبَارًا

“Dan sesungguhnya setiap kali aku menyeru mereka (kepada iman) agar Engkau mengampuni mereka, mereka memasukkan anak jari mereka ke dalam telinganya dan menutupkan bajunya (kemukanya) dan mereka tetap (mengingkari) dan menyombongkan diri dengan sangat.” (QS.Nuh:7)

Aneh sekali ! Mereka menutup telinga dengan jari dan menutupi wajah mereka dengan baju agar tidak mendengar seruan kebenaran.

Namun kenyataannya memang demikian, bukan hanya umat nabi Nuh as, bahkan umat nabi Muhammad saw pun banyak yang menutup telinga dan menutup wajah mereka dengan baju karena tidak ingin mendengar ayat suci Al-Qur’an yang disampaikan nabi.

Bahkan yang lebih lucu lagi, mereka sering bersiul, ribut-ribut bahkan berteriak dengan suara yang keras untuk mengalihkan dari suara nabi yang membaca ayat Al-Qur’an dihadapan orang-orang.

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَسْمَعُوا لِهَٰذَا الْقُرْآنِ وَالْغَوْا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَغْلِبُونَ

Dan orang-orang yang kafir berkata: “Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Al Quran ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan mereka”. (QS.Fussilat:26)

Cara ini berlanjut hingga hari ini. Namun cara mereka lebih halus dan terselubung.

Mereka ciptakan hiburan-hiburan negatif seperti “musik”, “tarian-tarian” dan selainnya untuk menjauhkan manusia (khususnya pemuda) dari seruan kebenaran dan ajakan menuju Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Maka sebagai seorang muslim kita harus berhati-hati dengan semua tipuan yang melalaikan itu. Karena musuh-musuh Allah menggunakan berbagai cara dan berbagai metode untuk melalaikan kita semua dari tujuan menuju Allah.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY