Kunci Al-Qur’an untuk Merubah Nasib

khazanahalquran.com – Ayat-ayat Al-Qur’an menyimpan berbagai kunci untuk pegangan hidup kita. Dengan memegang kunci-kunci tersebut, maka semua masalah kita dapat teratasi.

Allah swt berfirman,

إِنَّ اللَّهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّىٰ يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS.Ar-Ra’d:11)

Ayat ini mengajarkan bahwa ketika kita sedang diuji atau tertimpa suatu masalah, maka lakukan perubahan ! Mulailah untuk mencari jalan, nanti Allah yang akan memberi jalan terbaik.

Jangan menunggu mukjizat datang dari langit untuk menyelesaikan masalah dan merubah kondisi kita.

Seakan Allah ingin menyeru, “Bangkitlah ! Berusahalah ! Bergeraklah semampu kalian… Nanti Aku yang akan menyelesaikannya.”

Kita hanya memiliki kewajiban untuk “menginginkan perubahan dan berusaha”. Tahap selanjutnya berada ditangan Allah yang menentukan hasilnya.

Siapa yang mencari kebaikan, Allah akan memberinya kebaikan.

Siapa yang berusaha untuk mendapat petunjuk, Allah akan memberinya petunjuk.

Siapa yang berusaha mengubah kondisi kehidupannya, maka Allah akan memberi perubahan.

Yang terpenting adalah bergerak dan berusaha ! Jangan sampai umur kita habis dalam angan-angan dan khayalan semata. Sementara tiada perubahan yang didapatkan dengan khayalan.

Sekali lagi, kunci dan pegangan hidup bagi kita yang ingin merubah keadaan adalah “Allah tidak akan memberi perubahan sebelum kita mau dan memulai untuk berubah.”

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY