Khazanahalquran.com – Ada satu ayat Al-Qur’an yang begitu menarik untuk kita kaji. Allah berfirman,
أُولَٰئِكَ الَّذِينَ هَدَى اللَّهُ ۖ فَبِهُدَاهُمُ اقْتَدِه
“Mereka itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, maka ikutilah petunjuk mereka.” (QS.al-An’am:90)

Ayat ini berbicara tentang perintah Allah kepada nabi Muhammad saw untuk mengikuti petunjuk dari para nabi sebelumnya. Dan yang menarik adalah ayat ini menggunakan kata “ikutilah petunjuk mereka” bukan “ikuti mereka.”

Pelajaran penting pada ayat ini adalah lihatlah kebenaran itu dan ikutilah! Seperti pesan Imam Ali bin Abi tholib,
اعرف الحق تعرف اهله
“Kenali kebenaran maka engkau akan tau siapa pengikut (kebenaran) itu.”

Pelajaran yang begitu dahsyat agar kita tidak fanatik dengan person atau seseorang yang kita ikuti atau kita idolakan. Karena terkadang ketika sudah terlalu fanatik kita akan mengikuti semua pendapat orang tersebut walaupun sudah melenceng dari kebenaran. Atau ketika yang diidolakan ternyata salah, ia akan stres dan malah meninggalkan kebenaran.

Simpelnya, kenali kebenaran itu maka kita akan tau siapa yang mengikuti kebenaran. Ikutilah petunjuk yang ia bawa, jangan fanatik dengan orang yang membawanya.

Dan dari ayat ini pula, kita bisa meyakini bahwa nabi Muhammad saw adalah yang termulia dari seluruh para nabi. Karena Allah tidak memerintahkan kepada beliau untuk mengikuti para nabi sebelumnya tapi mengikuti hidayah dan petunjuk mereka yang bersumber dari Allah. Pada ayat lain Allah berfirman,

قُلْ إِنَّ الْهُدَىٰ هُدَى اللَّهِ

Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk (yang harus diikuti) ialah petunjuk Allah.” (QS.Ali Imran:73)

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY