Khazanahalquran.com – Setiap kitab memiliki karakter dan keunikan tersendiri, tak terkecuali Al-Qur’an, kitab terakhir yang turun dari Allah swt. Selain sebagai mukjizat terbesar Rasulullah saw, kitab ini memeliki banyak kehebatan dan keunikan.

Manusia tidak akan mampu menyingkap hakikat Al-Qur’an, namun kali ini kita akan melihat kehebatan dan keunikannya melalui ayat-ayatnya sendiri. Apa saja kehebatan dan keunikan Al-Qur’an itu?

Tidak Tercampur Oleh Kebatilan Sedikitpun

إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا بِالذِّكْرِ لَمَّا جَاءهُمْ وَإِنَّهُ لَكِتَابٌ عَزِيزٌ -٤١- لَا يَأْتِيهِ الْبَاطِلُ مِن بَيْنِ يَدَيْهِ وَلَا مِنْ خَلْفِهِ تَنزِيلٌ مِّنْ حَكِيمٍ حَمِيدٍ -٤٢-

“Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari al-Quran ketika (al-Quran) itu disampaikan kepada mereka (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya (al-Quran) itu adalah Kitab yang mulia, (yang) tidak akan didatangi oleh kebatilan baik dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu dan yang akan datang), yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksa-na, Maha Terpuji. (Fussilat 42-42)

 

Al-Qur’an Terjaga dari Perubahan Karena Allah Langsung yang Menjaganya

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ -٩-

“Sesungguhnya Kami-lah yang Menurunkan al-Quran, dan pasti Kami (pula) yang Memeliharanya.” (Al-Hijr 9)

 

Tidak Ada Kontradiksi didalam Al-Qur’an

أَفَلاَ يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ وَلَوْ كَانَ مِنْ عِندِ غَيْرِ اللّهِ لَوَجَدُواْ فِيهِ اخْتِلاَفاً كَثِيراً -٨٢-

“Maka tidakkah mereka menghayati (mendalami) al-Quran? Sekiranya (al- Quran) itu bukan dari Allah, pastilah mereka menemukan banyak hal yang bertentangan di dalamnya.” (An-Nisa’ 82)

 

Allah Mempermudah Orang yang Ingin Menghafal Al-Qur’an

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِن مُّدَّكِرٍ -٤٠-

“Dan sungguh, telah Kami Mudahkan al-Quran untuk di ingat, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (Al-Qamar 40)

 

Tidak Ada yang Mampu Untuk Membuat Seperti Al-Qur’an

أَمْ يَقُولُونَ افْتَرَاهُ قُلْ فَأْتُواْ بِسُورَةٍ مِّثْلِهِ وَادْعُواْ مَنِ اسْتَطَعْتُم مِّن دُونِ اللّهِ إِن كُنتُمْ صَادِقِينَ -٣٨-

Apakah pantas mereka mengatakan dia (Muhammad) yang telah membuat-buatnya? Katakanlah, “Buatlah sebuah surah yang semisal dengan surah (al-Quran), dan ajaklah siapa saja di antara kamu orang yang mampu (membuatnya) selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.”

(Yunus 38)

 

Al-Qur’an adalah Penyembuh Hati dari Kesyirikan dan Kemunafikan

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاء لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ -٥٧-

“Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (al-Quran) dari Tuhan-mu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (Yunus 57)

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاء وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ وَلاَ يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إَلاَّ خَسَاراً -٨٢-

“Dan Kami Turunkan dari al-Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (al-Quran itu) hanya akan menambah kerugian.” (Al-Isra’ 82)

 

Al-Qur’an Mengontrol Kitab-Kitab Sebelumnya

وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقاً لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِناً عَلَيْهِ -٤٨-

“Dan Kami telah Menurunkan Kitab (al-Quran) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya.” (Al-Ma’idah 48)

 

Didalam Al-Qur’an Terdapat Semua yang Dibutuhkan Manusia. Seperti masalah akidah, kehidupan sehari-hari, akhlak, politik, ekonomi, dan selainnya.

مَّا فَرَّطْنَا فِي الكِتَابِ مِن شَيْءٍ -٣٨-

“Tidak ada sesuatu pun yang Kami Luputkan di dalam Kitab (Al-Qur’an)” (Al-An’am 38)

 

وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَاناً لِّكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَى لِلْمُسْلِمِينَ -٨٩-

“Dan Kami Turunkan Kitab (al-Quran) kepadamu untuk menjelaskan segala sesuatu, sebagai petunjuk, serta rahmat dan kabar gembira bagi orang yang berserah diri.” (An-Nahl 89)

Ketika kita telah memiliki Kitab sehebat Al-Qur’an, masihkah seorang muslim berbangga dengan Kitab lain?

Komentar

LEAVE A REPLY