Hiasan Termahal bagi Wanita !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

‎فَجَاءَتْهُ إِحْدَاهُمَا تَمْشِي عَلَى اسْتِحْيَاءٍ

“Kemudian datanglah kepada Musa salah seorang dari kedua perempuan itu berjalan dengan malu-malu.” (QS.Al-Qashash:25)

Ayat ini bercerita tentang putri Nabi Syuaib as yang diperintahkan oleh ayahnya untuk memanggil Nabi Musa as. Setelah sebelumnya
Musa membantu kedua putri Nabi Syuaib untuk mengambil air.

Yang menarik dari ayat ini, Allah tidak menyebut putri Nabi Syuaib ini dengan sifat yang macam-macam. Seperti tubuhnya yang tinggi, parasnya yang cantik atau sifat-sifat indah lainnya. Namun Allah hanya menyebutkan satu sifat terbaik yang dimiliki oleh setiap wanita mulia, yaitu rasa malu.

Wanita itu cantik ketika memiliki rasa malu yang tinggi. Mulia ketika mampu menjaga diri. Dan layak disebut tuan putri ketika menyandang akhlak dan budi pekerti.

Wanita tanpa rasa malu bagai bunga tanpa aroma, bagai malam tanpa rembulan dan bagai matahari tanpa cahaya. Semua nilainya telah jatuh tak tersisa.

Apa lagi yang bernilai dari wanita ketika kehilangan rasa malunya?

Berbeda dengan wanita yang menyandang rasa malu. Ia begitu anggun bagai matahari yang bersinar terang, namun mata tak mampu memandangnya.

Hiasan terindah bagi wanita adalah rasa malu. Sungguh rasa malu memberi daya tarik dari sekedar kecantikan wajah.

Hendaklah setiap wanita menjadikan rasa malu sebagai pakaian termahalnya. Seperti dalam riwayat yang menjelaskan bahwa sifat malu adalah sifat yang mulia, namun akan lebih mulia ketika disandang oleh wanita.

Semoga bermanfaat….

Komentar

LEAVE A REPLY