Dua Ujian Terbesar bagi Manusia !

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.” (QS.Al-Anfal:28)

Harta dan anak adalah salah satu ujian terbesar bagi manusia. Keduanya sangat mempengaruhi kondisi keimanan seseorang dan rasa kemanusiaannya.

Berapa banyak orang yang ahli ibadah bahkan rajin mengamalkan sunnah, tiba-tiba berbalik 180 derajat ketika mendapat ujian dalam urusan hartanya. Tiba-tiba ia lupa dengan semua ibadah dan perintah-perintah Allah lainnya. Bahkan tidak ada lagi rasa kemanusiaan di hatinya dan ia pun tak segan menghalalkan segala cara untuk mengembalikan hartanya.

Sementara anak adalah buah hati manusia. Tentu setiap orang tua sangat mencintai buah hatinya. Namun perlu kita ingat selalu bahwa anak adalah ujian terbesar bagi orang tuanya.

Berapa banyak orang yang berpegang teguh terhadap agama, tiba-tiba acuh dan berpaling ketika dihadapkan kepada ujian yang berkaitan dengan anaknya. Berapa banyak orang-orang mulia yang menghalalkan yang haram demi memenuhi keinginan anaknya. Seakan anak itu menjadi hijab yang membuatnya melupakan keimanan, prinsip hidup dan kemuliaan diri yang sejak lama ia pegang.

Karena itu kita perlu berlindung dan berpegang kepada Allah dalam menghadapi dua ujian besar ini. Berapa banyak orang yang hancur karena harta ataupun anak, lalu namanya dikenang dengan keburukan dan kehinaan.

Jika memang harta adalah penyebab ketergelinciran kita, maka latihlah diri untuk bersedekah dan berbagi. Karena ayat yang tadi kita sebutkan diakhiri dengan sebuah kabar gembira bahwa siapa yang lulus dari dua ujian besar ini, ada hadiah besar disisi Allah untuk mereka.

وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar….”

Bolehlah kita mencintai anak dan harta tapi ingatlah bahwa pahala disisinya jauh lebih besar dan lebih bernilai.

Semoga bermanfaat…

Komentar

LEAVE A REPLY