Khazanahalquran.com – Di bulan yang penuh dengan berkah ini, salah satu amalan yang pasti diterima dan dikabulkan adalah doa. Karenanya mari kita simak pelajaran dari ayat Al-Qur’an berikut ini. Allah swt Berfirman,

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhan-mu Berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku Kabulkan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”(QS.Ghofir:60)

Doa bukan sekedar perbuatan yang baik dilakukan. Lebih dari itu, doa adalah perintah Allah swt yang hukumnya wajib. Dan sesuatu yang wajib, bila ditinggalkan akan menimbulkan dosa.

Lalu apakah orang yang tidak mau berdoa akan mendapatkan dosa? Ya, karena ia telah menjadi orang yang sombong, yang seakan tidak butuh dengan Allah swt.

Pada akhir ayat diatas Allah berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku (berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina..”

Dalam ayat ini doa disebut sebagai ibadah. Bahkan Rasulullah saw dalam sabdanya menyebut doa sebagai inti dari seluruh ibadah.

الدُّعَاءٌ مُخُّ الْعِبَادَةِ

“Doa adalah inti dari ibadah.”

Kenapa doa disebut inti ibadah?

Karena inti dari ibadah adalah menyembah, tunduk dan pasrah kepada Allah swt. Ketika seorang hamba berdoa, ia tunduk, memohon dan meminta kepada-Nya. Ia yakin bahwa tidak ada yang dapat memberinya kecuali Allah, ia sadar bahwa dirinya sangat bergantung kepada-Nya. Ketika seorang hamba telah benar-benar pasrah dan merasa tidak memiliki apapun dihadapan Allah, maka itulah sebenar-benarnya ibadah. Karena itulah doa disebut inti dari ibadah sebagai tanda kebergantungan seorang hamba kepada Tuhannya.

Selain itu, salah satu sebab kita masih diberi rahmat dan karunia oleh Allah adalah karena doa-doa kita. Bukankah Allah Berfirman,

قُلْ مَا يَعْبَأُ بِكُمْ رَبِّي لَوْلَا دُعَاؤُكُمْ

Katakanlah (Muhammad), “Tuhan-ku tidak akan mengindahkan kamu, kalau tidak karena doamu.” (QS.al-Furqon:77)

Karenanya, manfaatkan waktu dibulan ini sebaik mungkin untuk memperbanyak doa. Karena disaat-saat semacam ini, doa kita diijabahi oleh Allah swt.

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku Kabulkan bagimu.”

 

Komentar

LEAVE A REPLY