Khazanahalquran.com – Allah SWT berfirman,

لَوْ أَنْزَلْنَا هَٰذَا الْقُرْآنَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَرَأَيْتَهُ خَاشِعًا مُتَصَدِّعًا مِنْ خَشْيَةِ اللَّهِ ۚ وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

“Kalau sekiranya Kami turunkan Al-Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan ketakutannya kepada Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka berfikir.” (QS.al-Hasyr:21)

Dahsyatnya efek dan pengaruh Al-Qur’an pada hati dan pikiran manusia adalah fakta yang tidak dapat dipungkiri. Sejarah membuktikan bahwa banyak sekali kejadian yang menceritakan bahwa seorang yang hatinya keras bagai batu dapat menjadi lembut dan lunak ketika pertama kali mendengar ayat-ayat Al-Qur’an. Dan seketika itu pula ia tunduk dan beriman.

Kecuali orang-orang sombong yang mengingkari dan menolak Al-Qur’an dengan terang-terangan. Bahkan mereka menutup telinga ketika Rasulullah saw membawa ayat-ayat suci. Mereka lah yang hatinya telah dikunci oleh Allah SWT, karena mereka sama sekali tidak memberi ruang di hatinya untuk menerima kebenaran. Maka tidak ada harapan bagi mereka untuk mendapat cahaya hidayah dari-Nya.

Perumpamaan gunung yang akan hancur dan tunduk ketika menerima Al-Qur’an adalah bukti bahwa pengaruh Al-Qur’an itu begitu dahsyat bahkan pada gunung yang kuat dan kokoh sekalipun. Apalagi pada jiwa manusia yang membacanya dengan menghadirkan hati dan penuh kehusyu’an.

قُلْ آمِنُوا بِهِ أَوْ لَا تُؤْمِنُوا ۚ إِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ مِنْ قَبْلِهِ إِذَا يُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ يَخِرُّونَ لِلْأَذْقَانِ سُجَّدًا
Katakanlah: “Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah). Sesungguhnya orang-orang yang diberi pengetahuan sebelumnya apabila Al Quran dibacakan kepada mereka, mereka menyungkur atas muka mereka sambil bersujud. (QS.al-Isra’:107)

Semoga pengaruh-pengaruh suci Al-Qur’an senantiasa menerangi hati dan pikiran kita semua.

Komentar

LEAVE A REPLY