Beragam Makna “Lupa” dalam Al-Qur’an

khazanahalquran.com – Allah swt berfirman,

فَالْيَوْمَ نَنْسَاهُمْ كَمَا نَسُوا لِقَاءَ يَوْمِهِمْ

Maka pada hari ini (Kiamat), Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini.” (QS.Al-A’raf:51)

نَسُوا اللَّهَ فَنَسِيَهُمْ

“Mereka telah melupakan kepada Allah, maka Allah melupakan mereka (pula).” (QS.At-Taubah:67)

Lalu bagaimana dengan ayat-ayat berikut ini?

وَمَا كَانَ رَبُّكَ نَسِيًّا

“Dan Tuhanmu tidak lupa.” (QS.Maryam:64)

لَا يَضِلُّ رَبِّي وَلَا يَنْسَى

“Tuhanku tidak akan salah ataupun lupa.” (Tha-Ha:52)

Dalam dua ayat pertama disebutkan bahwa Allah melupakan mereka. Sementara ayat selanjutnya menyebutkan bahwa Allah tidak akan pernah lupa. Tidakkah dua ayat ini kontradiksi?

Lupa dalam dua ayat pertama adalah bentuk mengacuhkan dan tidak menghiraukan. Sementara pada dua ayat selanjutnya adalah penjelasan secara nyata bahwa Allah tidak akan pernah lalai atau lupa.

Kata lupa dengan makna meng-acuhkan ini digambarkan seperti firman Allah swt tentang mereka yang melalaikan keberadaan Allah dalam hidup mereka, sehingga mereka pun dibuat lalai akan kemuliaan diri mereka sendiri.

وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ نَسُوا اللَّهَ فَأَنْسَاهُمْ أَنْفُسَهُمْ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ

“Dan janganlah kamu seperti orang-orang yang lupa kepada Allah, sehingga Allah menjadikan mereka lupa akan diri sendiri.” (QS.Al-Hasyr:19)

Seperti pula dalam firman-Nya,

قَالَ كَذَٰلِكَ أَتَتْكَ آيَاتُنَا فَنَسِيتَهَا ۖ وَكَذَٰلِكَ الْيَوْمَ تُنْسَىٰ

Dia (Allah) berfirman, “Demikianlah, dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, dan kamu mengabaikannya, jadi begitu (pula) pada hari ini kamu diabaikan.” (QS.Tha-Ha:126)

Yakni karena mereka melalaikan ayat-ayat Allah di dunia, maka ia akhirnya diacuhkan dari pertolongan Allah di hari kiamat kelak.

Pada kesimpulannya, mereka yang melupakan Allah akan terlupakan dari pahala dan pertolongan-Nya di hari pembalasan nanti. Sementara Allah tidak pernah lalai atau lupa dari apapun yang terjadi di alam ini, karena Dia-lah Yang Maha Menjaga lagi Maha Mengetahui.

Komentar

LEAVE A REPLY