Belajarlah dari Masa Lampau, Sunnatullah Tidak Akan Berubah !

Khazanahalquran.com – Menghubungkan zaman ini dengan zaman lampau adalah salah satu hal yang sangat penting menurut Al-Qur’an. Karena dengan menghubungkan keduanya maka kita akan tau apa saja tugas mereka dan bagaimana sikap mereka terhadap aturan dari Allah tersebut.

Allah SWT berfirman,

قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِكُمْ سُنَنٌ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ

Sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; Karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul).

هَٰذَا بَيَانٌ لِلنَّاسِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةٌ لِلْمُتَّقِينَ

(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. (QS.Ali Imran:137-138)

Ayat ini ingin menjelaskan bahwa Allah telah menetapkan suatu Sunnah (aturan) yang tidak dikhususkan untuk suatu zaman. Namun Sunnatullah itu berlaku hingga zaman ini sebagaimana telah berlaku di zaman dahulu. Dan aturan ini tidak akan berubah sedikit pun.

Jika Sunnatullah itu akan selalu sama pada setiap zaman maka belajar dari umat terdahulu itu sangat lah penting. Karena kita akan menghadapi suatu aturan main yang sama.

Seperti contohnya Sunnatullah tentang kejayaan dan keruntuhan suatu golongan. Bahwa orang-orang yang beriman dan berjuang dijalan Allah pasti akan meraih kemenangan. Sementara mereka yang mendustakan Allah dan Rasul-Nya serta terjerumus dalam dosa pasti akan terjatuh dan mengalami kekalahan.

Lihatlah apa yang terjadi sepanjang zaman. Apakah orang-orang dzalim yang menjadi pemenangnya? Atau para pengikut kebenaran yang meraih kemenangan?

Mari kita belajar dari masa yang telah mendahului kita.

Semoga bermanfaat..

Komentar

LEAVE A REPLY