Khazanahalquran.com – Manusia tak pernah luput dari salah dan dosa. Musuhnya pun tak pernah bosan untuk menggodanya.

Namun fitrah manusia sebenarnya menyukai keindahan dan kesempurnaan. Setelah dirinya penuh dengan noda, ada perasaan menyesal dan ingin mensucikannya. Allah pun Maha Pengampun lagi Maha Penyayang, Dia selalu membuka kesempatan bagi para pendosa untuk kembali kepada-Nya.

Taubat adalah cara utama untuk memperoleh ampunan Allah swt, tapi tahukah anda, ada hal lain yang dapat menghapus dosa-dosa kita. Ada amalan baik yang mampu melunturkan kesalahan kita.

Apa saja hal-hal yang mampu melunturkan dosa kita?

1. Taubat

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحاً عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ -٨-

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan Menghapus kesalahan-kesalahanmu.” (At-Tahrim 8)

 

2. Iman dan Amal Sholeh

وَالَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَآمَنُوا بِمَا نُزِّلَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَهُوَ الْحَقُّ مِن رَّبِّهِمْ كَفَّرَ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ وَأَصْلَحَ بَالَهُمْ -٢-

“Dan orang-orang yang beriman (kepada Allah) dan mengerjakan kebajikan serta beriman kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad, dan itulah kebenaran dari Tuhan mereka; Allah Menghapus kesalahan-kesalahan mereka, dan Memperbaiki keadaan mereka.” (Muhammad 2)

 

3. Takwa

يِا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ إَن تَتَّقُواْ اللّهَ يَجْعَل لَّكُمْ فُرْقَاناً وَيُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ وَاللّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ -٢٩-

Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan Memberikan furqan (kemampuan membedakan antara yang hak dan batil) kepadamu dan Menghapus segala kesalahanmu dan Mengampuni (dosa-dosa)mu. Allah Memiliki karunia yang besar. (Al-Anfal 29)

 

4. Hijrah, Jihad dan Mati Syahid

فَالَّذِينَ هَاجَرُواْ وَأُخْرِجُواْ مِن دِيَارِهِمْ وَأُوذُواْ فِي سَبِيلِي وَقَاتَلُواْ وَقُتِلُواْ لأُكَفِّرَنَّ عَنْهُمْ سَيِّئَاتِهِمْ -١٩٥-

“Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku Hapus kesalahan mereka.” (Ali Imran 195)

 

5. Sedekah Secara Sembunyi

إِن تُبْدُواْ الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاء فَهُوَ خَيْرٌ لُّكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّئَاتِكُمْ -٢٧١-

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan Menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu.” (Al-Baqarah 271)

6. Berinfaq

إِن تُقْرِضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعِفْهُ لَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ -١٧-

“Jika kamu meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya Dia Melipatgandakan (balasan) untukmu dan Mengampuni kamu.” (At-Taghabun 17)

 

7. Menjauhi Dosa-Dosa Besar

إِن تَجْتَنِبُواْ كَبَآئِرَ مَا تُنْهَوْنَ عَنْهُ نُكَفِّرْ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ -٣١-

“Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang mengerjakannya, niscaya Kami Hapus kesalahan-kesalahanmu.” (An-Nisa’ 31)

  Semoga rahmat dan ampunan Allah selalu tercurahkan untuk kita.

Komentar

LEAVE A REPLY