Khazanahalquran.com – Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

 

قال تعالى : {فَسَجَدَ الْمَلَائِكَةُ كُلُّهُمْ أَجْمَعُونَ (73) إِلَّا إِبْلِيسَ اسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ (74) قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَنْ تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنْتَ مِنَ الْعَالِينَ (75) قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ (76) قَالَ فَاخْرُجْ مِنْهَا فَإِنَّكَ رَجِيمٌ..} [ص : 73 – 77] .

“Lalu seluruh malaikat-malaikat itu bersujud semuanya, kecuali iblis; dia menyombongkan diri dan adalah dia termasuk orang-orang yang kafir.

Allah berfirman: “Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?”.

Iblis berkata: “Aku lebih baik daripadanya, karena Engkau ciptakan aku dari api, sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah”.

Allah berfirman: “Maka keluarlah kamu dari surga; sesungguhnya kamu adalah orang yang terkutuk.”

(QS.Shad:73-78)

 

Salah satu tragedi yang perlu kita perhatikan dalam Al-Qur’an adalah tragedi diusirnya Iblis dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari kisah diatas kita akan melihat akibat yang sangat berbahaya dari sifat egois. Bayangkan Iblis yang berada pada deretan malaikat-malaikat termulia bisa terjerumus pada derajat yang begitu hina dan mendapat laknat yang abadi. Semua itu karena ego dan bangga diri.

Kali ini kita akan melihat akibat-akibat yang dihasilkan dari mendahulukan ego pribadi:

1. Egois adalah faktor terbesar yang membuat manusia terjatuh dan terjerumus dalam pelanggaran dan kemaksiatan, karena manusia yang menuhankan egonya tidak menyadari bahwa sebenarnya dia begitu lemah dan tak memiliki apa-apa.

2. Sifat egois membutakan mata manusia dari hakikat yang sebenarnya.

3. Egois dan bangga diri menyebabkan dengki. Dengki menyebabkan permusuhan. Dan permusuhan menyebabkan pertumpahan darah dan perbuatan keji.

4. Sifat egois membuat manusia terus menerus berbuat dosa dan keburukan.

5. Sifat egois membuat manusia lalai dan tak sadar.

6. Sifat egois menutup hati manusia untuk bertaubat dan kembali kepada Allah. Ia menjadi gengsi jika harus meminta maaf dan mengemis dihadapan-Nya. Akhirnya semua pintu keselamatan akan tertutup bagi orang-orang yang bangga diri.

Semoga kita terjauhkan dari sifat egois dan bangga diri.

Komentar

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY