22 Pelajaran Dahsyat dari Kisah Nabi Yusuf as (Bag 2)

Khazanahalquran.com – Sebelumnya kita telah menyimak 8 pelajaran dari kisah Nabi Yusuf as. Kali ini kita akan melanjutkan pada pelajaran selanjutnya,

Terima kasih untuk tuanku Yusuf as,

9. Dari kisahmu kami belajar bahwa orang mulia tidak akan berkhianat, orang merdeka tidak akan membalas kebaikan dengan keburukan. Sungguh indah ungkapanmu ketika menolak ajakan Zulaikha,

مَعَاذَ اللَّهِ إِنَّهُ رَبِّي أَحْسَنَ مَثْوَايَ

“Aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.” (QS.Yusuf:23)

10. Dari kisahmu kami belajar bahwa seluruh yang ada di alam ini tidak akan bisa memaksa kami untuk berbuat sesuatu yang tidak kami inginkan untuk melakukannya. Maka aku berhenti mencari alasan demi menyalahkan keadaan.

Zulaikha adalah tuanmu. Dia telah mempersiapkan segalanya dan mulai menggodamu. Dia begitu cantik, berkuasa dan berhasrat padamu. Tapi engkau tetap menentang, karena dirimu tidak menginginkannya.

11. Dari kisahmu kami belajar bahwa ketika Allah ingin menampakkan sesuatu maka tidak ada yang mampu menutupinya. Ketika semua orang takut untuk bersaksi membelamu, Allah jadikan bayi mampu berbicara demi bersaksi untukmu.

12. Dari kisahmu kami belajar bahwa manisnya keimanan mengalahkan pahitnya kehidupan. Keimananmu menjadikanmu senang didalam penjara walau sempit, sementara jika engkau berkhianat maka istana yang luas akan terasa sempit bagimu.

13. Dari kisahmu kami belajar bahwa setiap tempat bisa dimanfaatkan untuk berdakwah. Saat menjadi budak di istana, engkau berdakwah. Saat berada dalam penjara, engkau berdakwah. Dan disaat menjadi penguasa Mesir, engkau pun berdakwah.

14. Dari kisahmu kami belajar bahwa lingkungan tidak dapat merubah jiwa yang terjaga. Dalam penjara mereka menyebutmu,

إِنَّا نَرَاكَ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

“Sesungguhnya kami memandang kamu termasuk orang-orang yang baik.” (QS.Yusuf:36)

Dan ketika engkau berkuasa, mereka meminta maaf kepadamu karena melihatmu sebagai orang yang baik.

15. Dari kisahmu kami belajar bahwa kedengkian ada dibelakang setiap keburukan. Dengki adalah dosa pertama dilangit, yang karenanya Iblis tidak mau sujud kepada Adam. Dan dengki adalah dosa pertama di bumi yang karenanya Qobil membunuh Habil. Dan engkau tidak dilempar kedalam sumur oleh saudara-saudaramu kecuali karena kedengkian.

Simak 7 pelajaran selanjutnya dalam 22 Pelajaran Dahsyat dari Kisah Nabi Yusuf as (Bag 3)

Komentar

LEAVE A REPLY